Bila Teman Anda Mengidap Kanker

Bila Teman Anda Mengidap Kanker

Apa yang harus Anda katakan kepada seorang sohib Anda yang mengidap kanker?
Apa yang harus Anda lakukan untuk mensupport dia?

Ini adalah pengakuan jujur dari seorang pengidap kanker mengenai apa yang ia harapkan dari sahabatnya:

1. Jangan membahas penyakit saya karena saya ingin melupakannya
2. Jangan mengasihani saya, karena saya bukan seorang korban.
3. Jangan juga mengucapkan ucapan-ucapan bombastis, seperti: Segalanya akan ok, tidak apa-apa… karena sungguh saya sudah tahu kebenarannya

4. Kadang-kadang, karena pengobatan/treatment, emosi saya kurang stabil, jadi maklumkanlah saya kalau ada saat saya tidak ingin diganggu/sendiri saja atau mungkin saya bisa sangat sensitif

5. Jangan ceritakan kabar buruk tentang kanker karena itu hanya menambah beban saya

6. Jika kamu benar-benar care dengan saya :
– tawarkan bantuan: pijatan halus, atau secangkir teh, atau menemani saya ke RS/ di rumah,
membawakan makanan untuk saya
– meringankan beban pekerjaan saya (di rumah/kantor)
– mengucapkan: Saya peduli dan care dengan kamu dan saya selalu ada di sisimu.

It’s a long and heavy road. Tapi dengan dukungan orang-orang tercinta, saya akan mampu melewatinya.

=dari berbagai sumber=

2 thoughts on “Bila Teman Anda Mengidap Kanker

Tinggalkan Balasan

