Dari mana asal usul sedotan ?

Dari mana asal usul sedotan ?

Konon, sekitar lima ribuan tahun yang lalu, orang Sumeria mencoba rumput jerami yang seperti pipa kecil, untuk digunakan sebagai sedotan. sayangnya sedotan dari rumput ini menyusahkan juga. Sedotan tersebut sering menyisakan rasa rumput dengan bau yang tidak enak dan mengganggu lidah saat menyeruput minuman.

Suatu saat di musim panas tahun 1888, Marvin Stone memerhatikan orang-orang yang menyedot minuman dengan menggunakan rumput buluh, tidak perlu menyentuh gelas. Ia menggulung selembar kertas, lalu di lem di pinggirannya sehingga gulungan itu mirip pipa kecil. Gulungan kertas itu dicelupkan ke dalam parafin agar kuat terhadap air. Itulah cikal bakal sedotan yang kita kenal sekarang.

Marvin terus menyempurnakan sedotan buatannya dan menciptakan mesin pembuat sedotan. Ia juga membuat ketetapan bahwa panjang sedotan idealnya 8,5 inchi dengan garis tengah sedikit lebih kecil dari biji jeruk.

Sedotan mengalami perkembangan tahun 1930-an Joseph B. Friedman dari San Fransisco, Amerika Serikat, membuat sedotan yang dapat ditekuk. Akhirnya sedotan banyak modelnya seperti yang sekarang sering kita pakai. Ada yang lubang besar, kecil, bisa ditekuk dan lain-lain.

=dari berbagai sumber=

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s