Kosmetik Ramah Lingkungan

Kosmetik Ramah Lingkungan

Hati-hati dengan label ‘natural’, organic atau ramah lingkungan pada kemasan kosmetik. Periksa dengan teliti bahan pembuat, prose pembuatannya serta perijinannya.

Kosmetik ramah lingkungan tidak hanya terbuat dari bahan-bahan alami, namun pengerjaannya juga dilakukan tanpa membahayakan lingkungan. Ketepatan memilih kosmetik termasuk memperlihatkan bahan-bahan pembuatnya dapat menurunkan iritasi dan infeksi kulit hingga 50 %.

‘Natural dan Organik

Ada 2 jenis “kosmetik hijau” yang layak dipertimbangkan yaitu natural dan organik.

Natural

Biasanya terbuat dari bahan-bahan alami seperti tanaman dan mineral, namun masih menggunakan bahan kimia dalam proses pembuatannya. Misalnya untuk membuat busa dan meningkatkan performa kerja bahan aktif tapi dalam dosis yang sangat kecil dan masuk kategori aman.

Organik

Dibuat dari bahan-bahan yang dikembangbiakkan dalam standar organic. Artinya tumbuhan yang digunakan sebagai bahan baku kosmetik tidak disemprot pestisida dan tidak menggunakan pupuk kimia lainnya. Produk organik biasanya mengklaim aman dari bahan kimia yang bisa menimbulkan efek samping seperti reaksi alergi.

Dibanding kosmetik biasa, kosmetik hijau ini lebih mudah diserap tubuh karena sifat bahan-bahannya yang alami. Namun produk ini akan cepat kadaluwarsa disbanding produk kosmetik biasa karena ketiadaannya bahan kimia yang berfungsi sebagai pengawet.

Cara paling mudah mencari kosmetik yang aman dan ramah lingkungan adalah dengan memperhatikan label pada kemasan produk, seperti ‘natural’, ‘alami’, ‘organik’ atau ‘ramah lingkungan’. Namun hati-hati karena kadang label juga tidak menjanjikan produk tersebut benar-benar ramah lingkungan.

Meski belum diresmikan, Asosiasi Produk Alami (NPA) kini tengah menggodok sebuah aturan bagi seluruh produsen kosmetik dalam menggunakan label tertentu pada kemasannya yang menyatakan bahwa :

  1. Sebuah produk bisa menempelkan label 100% organik jika keseluruhan bahan pembuatnya sudah teruji organik atau memenuhi standar organik Dewan Strandarisasi Organik Nasional. Bahan-bahan tersebut bisa berasal dari flora, fauna, mineral dan termasuk produk sampingannya.
  2. Sebuah produk bisa menempelkan label ‘organik’ jika 95% bahan pembuatnya sudah teruji dan memenuhi standar organik. Sisanya 5 % bisa menggunakan bahan sintetis, jika keberadaannya memang tidak membahayakan kesehatan atau keselamatan penggunanya atau jika memang sudah tidak ada alternative alami penggantinya.
  3. Sebuah produk bisa menempelkan label ‘terbuat dari bahan-bahan organik’ jika lebih dari 70% bahan pembuatnya sudah teruji dan melalui standar organic.
  4. Sebuah produk bisa menempelkan label ‘organic hydrosols’ jika 70% bahan pembuatnya berasal dari air. Air sebenarnya tidak termasuk dalam bahan organic, namun beberapa produsen kosmetik kemudian mencampurkan air ini dengan tanaman, misalnya bunga2an dan kemudian mencantumkan bahan pembuatnya terbuat dari ‘air bunga-bungaan’ (flower water).

Tips belanja Kosmetika Ramah Lingkungan

Baca keterangan bahan-bahan pembuatnya. Hindari produk-produk yg mengandung bahan-bahan yang dinyatakan berbahaya bagi kesehatan

1. Cari produk bersertifikasi aman dan ramah lingkungan dari Eco-Cert yang digunakan di lebih dari 80 negara di dunia. Atau cari sertifikasi produk yang dikeluarkan oleh pihak ketiga seperti BIDIH, Australia’s Organic Food Chain, atau USDA Certified Organic

2. Pilih produk yg tidak menggunakan bahan dari olahan minyak bumi

3. Pilih bahan yang berbahan dasar air

4. Pilih produk yang tidak memanfaatkan dan menyakiti hewan (cruelty free)

5. Pilih produk yang kemasannya, bahan pembuatnya dan proses produksinya hemat sampah

6. Pilih produk yang berasal dari bahan-bahan sumber daya alam yang bisa diperbaharui

7. Mintalah produk contohnya, lalu cobalah sedikit di kulit pergelangan tangan untuk mengetahui adanya reaksi alergi

8. Pilihlah produk yang dihasilkan oleh perusahaan2 yang telah menandatangani Compact for Sale Cosmetics (info lengkap : safecosmetics.org)

9. Carilah info lebih lanjut mengenai merek produk kosmetik yang anda gunakan di situs The Environmental Working Group’s Skin Deep, yaitu http://www.cosmeticdatabase.com . Situs ini memberikan info lengkap mengenai semua produk kosmetik dunia, mulai dari bahan pembuat, proses produksi, dan tingkat bahayanya. Situs ini juga memberikan informasi mengenai produk kosmetik yang aman sebagai alternatif.

sumber : inspired kids

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s