BURGER

BURGER

Siapa sih yang gak tau burger, tapi tau gak asalnya dari mana?  ini nih…critanya …. 🙂

Burger atau hamburger merupakan makanan paling populer di Amerika. Menurut “The american Dictionary of Food and Drink”, setiap orang Amerika rata-rata makan 3 hamburger tiap minggu. Dan setiap tahun di Amerika hamburger dikonsumsi sebanyak 38 juta buah. ……alangkah banyaknye…… 😛

Burger atau “burger sandwich” merupakan sejenis sandwich, terdiri dari roti bulat agak gepeng yang disisipkan lempengan daging cincang berbumbu setebal 1 – 2 cm dengan lebar yang hampir sama dengan rotinya, disertai daun selada, irisan tomat, keju lembaran dan saus. Kata burger sendiri berasal dari kata ‘hamburger’

Burger atau hamburger memiliki dua arti yang berbeda tetapi sebenarnya mengacu pada hal yang sama, bisa berarti lempengan daging yang disisipkan di antara dua bilah roti, bisa juga berarti sandwich yang terdiri dari roti bulat dan daging burger itu sendiri. Daging burger tidak selalu daging sapi yang dicincang halus, tapi bisa juga berupa daging ayam, daging ikan dan tahu untuk vegetarian. Daging burger juga tidak harus disantap dengan ‘bun’ (roti bulat khusus untuk hamburger) lho….. tapi bisa juga tuh disantap sebagai steak dengan kentang dan salad sayuran.

Banyak cerita tentang burger, nah salah satunya menyebutkan bahwa hamburger pertama kali muncul di Hamburg, Jerman pada abad pertengahan……nah lo…baru tau jg kan…?

Pada saat itu Hamburg adalah pusat pertemuan antara pedagang dari Arab dan Eropa. Konon, orang Arab suka sekali makan “Kibbeh”, berupa daging kambing yang dicincang dan dicampur dengan bumbu rempah lalu dipanggang. Penduduk Hamburg kemudian mengganti daging kambing dengan daging sapi dan mengolahnya dengan teknik masak mereka sendiri. Sehingga muncullah “Hamburg Steak” yang menjadi begitu populer. Kata “Hamburger Steak” pertama kali tercantum di sebuah buku masak Amerika tahun 1891 dan kata “Hamburger” pertama kali muncul di buku menu milik Delmonico restoran di New York pada tahun 1834.

Roti untuk hamburger disebut “bun” baru muncul saat diciptakan oleh J. Walter anderson, seorang koki istana, pada tahun 1916. Sebelumnya hamburger disajikan diantara dua bilah roti.

Fast food hamburger yang merupakan hamburger modern mulai populer ketika Ray Kroc membeli lisensi McDonald’s hamburger dari McDonald bersaudra di California. Kemudian membuka restoran McDonald-nya di Illinois pada pertengahan tahun 1950. Sedangkan dua bersaudara Richard dan Maurice McDonald mulai membuat cikal bakal rentetan restoran McDonald di San Bernardino, California pada tahun 1948.

Burger di berbagai belahan dunia

Setiap negeri punya cara yang berbeda untuk menyajikan burger atau hamburger.

Inggris

Orang Inggris menyebut burger atau hamburger sebagai “beef burger” atau “burger”, yang terbuat dari 100% daging sapi yang diberi bumbu, telur, bawang bombay dan tepung roti. Disajikan dengan daun selada, tomat dan bawang bombay dengan berbagai saus seperti saus tomat, saus sambal, saus steak, mayonnaise, dengan tambahan telur mata sapi, telur dan daging bacon.

Qi qi qi……..hmmm…..kynya enak nih……nyam…nyam….

Amerika

Di restoran-restoran Amerika, burger dijual dalam dua jenis, yang pertama di counter-counter di pinggir jalan, sedang yang satu lagi merupakan sajian ala carte atau disantap di restoran. Selain sayuran seperti daun selada, tomat dan bawang bombay, juga disisipkan acar ketimun, keju Amerika (cheddar, Swiss atau blue cheese). Saus yang paling sering dikonsumsi adalah saus mustard dan saus tomat. Mayonnais dan saus salad juga cukup disukai.

Hamburger di Amerka begitu banyak jenisnya. Restoran Big Boy dan Wendy memiliki resep burger yangberbeda dengan burger lainnya.

Australia

Burger di Australia cenderung sedikit lebih berminyak dan berlemak dari pada burger Amerika dan disertai salad sayur dan buah-buahan yang jauh lebih bervariasi dan banyak.

Negara-negara Asia

Di China, restoran McDonald dan KFC begitu populer dan bermunculan di setiap penjuru negeri. Sedangkan di Jepang, burger Amerika kalah bersaing dengan burger lokal Jepang. Bahkan di Taiwan dan Korea Selatan, beberapa restoran menawarkan hamburger dengan roti yangterbuat dari tepung beras. Selain burger daging sapi, disana juga dijual hamburger yang terbuat dari cumi-cumi, nasi, tahu dan udang.

Hmmmm….enak kali ya…… 😉

Indonesia

Di Indonesia, burger atau hamburger dijual di berbagai tempat mulai dari kantin sekolah, pedagang keliling, counter-counter di pinggir jalan yang menjual hamburger yang bisa dibawa pulang, hingga restoran dan café. 

Sumber : burger favorit ala cafe by Indriani (@gramediapustaka)

Iklan

6 thoughts on “BURGER

  1. hmm.. burger yummyy 🙂 adakalanya saya sukaa banget sama roti.. jadi pengennya makan roti aja. seharian tapi ada kalanya juga pengen makan pake ikan asin, sambel lalap, ikan bakar eh.. kok jadi lapar lagi yak gkgkgk

    cheers. 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s