lidah mertua

lidah mertua

Sudah lama tanamanku ga terurus, setelah browsing waaahhhh…. br tau beberapa tanamanku ini sangat bermanfaat, bukan sekedar tanaman hias….. :mrgreen: Salah satunya ya ‘lidah mertua’

Lidah mertua ini adalah sejenis tanaman hias yang memiliki daun keras, sukulen,  tegak, dan ujungnya meruncing, bahasa kerennya sih Sansevieria.

Tanaman ini populer sebagai penghias bagian dalam ruangan karena selalu mengeluarkan zat O2 tanpa menghasilkan zat CO2.

Tanaman ini mudah tumbuh pada kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari, memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan serta mudah dan murah perawatannya ……. :mrgreen:

Manfaatnya antara lain : akarnya dapat digunakan untuk menyuburkan rambut dan mengobati wasir, daunnya dapat untuk mengobati diabetes, , seratnya digunakan sebagai bahan pakaian, bisa juga digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan.

Sanseviera memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde dan trichloroethylene. Selain itu dapat juga mereduksi radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi…… jadi baik jika tanaman ini ditaruh disamping benda-benda itu ya….. 🙂

Sansevieria dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis yang tumbuh memanjang ke atas dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset. Warna daunnya macam-macam mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Motif yang ada pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag.

Ini beberapa “lidah mertua”-ku, lumayan…..

mulai sekarang lebih smangatzzz ahhh…ngurusin tanaman…. 😀

source : beberapa bagian dikutip dari wikipedia dan matoa.org

Iklan

3 thoughts on “lidah mertua

  1. Ping-balik: Lidah Mertua (Sansevieria) | Reza's Blog

  2. “Selain itu dapat juga mereduksi radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi”

    mbak,, sy mw nanya..
    dari kalimat tersebut, bagaimana cara lidah mertua melakukan hal tersebut?
    sebelumnya terima kasih banyak

    • katanya sih ditaruh di dekat komputer atau televisi sebagai tanaman hias, gelombang elektromagnetik dari komputer dan televisi akan diserap oleh tanaman lidah mertua
      katanya gitu mbak….. :green:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s