melirik Pasta

melirik Pasta

Anak-anak doyan sekali makan spaghetti, pasta dan keluarganya. Tapi tiap kali mau masak ujungnya gitu-gitu aja, padahal banyak sekali macam pasta di pasaran, sampai kadang bingung ‘mau dimasak apa ya?’. Bentuknya saja sudah beraneka macam, belum lagi sausnya.
Lagi bongkar-bongkar harta karun eh….nemu tabloid lama ‘Koki terbitan februari 2004’ –jadul banget yak….? 😀 Isinya ya tentang pasta itu….*ni namanya pucuk dicinta ulam tiba 😳
Katanya nih, dalam menu internasional pasta termasuk dalam kelompok farinaceous dishes atau makanan yang terbuat dari serealia. 😛 Ada juga yangberpendapat pasta dikatakan sebagai convenience food karena pasta merupakan hidangan praktis dan cocok untuk kalangan yang sibuk. 🙄
Pasta dapat disajikan sebagai hidangan pembuka (salad, sup dan sejenisnya), makanan utama (disajikan dengan saus Bolognese yaitu perpaduan dari saus tomat dan daging cincang yang lezat dan sangat populer), sebagai hidangan kecil bahkan sebagai hidangan penutup .

Gimana sih…memilih pasta yang baik ?

Warna pasta ditentukan oleh kandungan bahan yang digunakan. Pasta yang netral pada umumnya berwarna kekuningan dari warna karotena semolina dan penambahan telur. Ada juga yang berkualitas rendah yang terbuat dari farina yaitu tepung gandum rendah protein sehingga warnanya agak gelap dan suram.
Pasta berkualitas baik tanda-tandanya adalah warnanya bersih, cerah, tidak buram dan bentuknya kokoh dan tajam. Dikemas dalam karton atau plastik yang kuat, keras dan tidak mudah lentur supaya pasta tidak mudah patah dankemasukan kootoran dan serangga. Jangan lupa untuk selalu melihat tanggal kadaluwarsanya. Jika pasta belum akan digunakan, simpanlah pada tempat yang kering, bersih dan tertutup rapat supaya tidak berkutu dan berjamur 😆
Ni dia tips untuk menyajikan pasta yang sesuai dengan sausnya (hasil ngintip ‘fosil’ )
Pasta jenis pendek, berongga dan berbentuk seperti batang pohon (misalnya pennerigate dan macaroni) sangat ideal disajikan bersama saus berbahan dasar daging dan sayuran karena saus ini dapat meresap dan menutupi rongga yang ada dalam pasta.
Pasta panjang, biasanya berbentuk ramping dan kecil seperti spaghetti, baveret dan linguine. Pasta bentuk ini sangat cocok disajikan bersama saus jernih, saus tomat atau saus berbahan dasar minyak karena saus bertekstur seperti ini dapat dicampur pasta secara merata.
Pasta bentuk pita, seperti fettucini, farfale dan pappardelle biasa disajikan dengan saus krim atau saus yang berbahan dasar mentega.
Untuk aneka sup dapat menggunakan pasta berbentuk seperti korek api dengan aneka macam ukuran biasanya yang digunakan adalah pasta ditalirigati.
Aneka hidangan salad dapat menggunakan pasta yang berukuran kecil-kecil dengan bentuk menyerupai batang pohon yang berongga seperti rotelle, fusili dan farfale.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s